jenis-jenis, pengertian dan cara kerja

Published September 23, 2012 by dedehrahmawati

1. Mouse Optomekanik

pada prinsipnya mouse jenis ini bekerja dengan  mendeteksi gerakan tangan manusia yang kemudian di ubah menjadi sinyal yang dapat dikenali oleh prosesor.untuk itu diperlukan beberpa macam komponen. berikut ini komponen-komponen mouse optomekanik dengan cara kerjanya:

* sebuah bola yang terdapa di bagian bawah mouse akan bergerak ketika kita menggerakan mouse
* dua buah roller yang akan berputar pada saat bola mouse bergerak roller pertama akan mengukur arah gerakan ke summbu X.dan roller ke dua akan mendeteksi arah gerakan sumbu Y.
*  roller ini terhubung ke sebuah piringan yang berlubang-lubang. piringan akan berputar pada saat roller berputar. ada sepasang piring untuk masing-masing roller. sehingga gerakan melingkar juga akan di deteksi oleh mouse.
* dengan adanya piringan berlubang tersebut maka cahaya LED akan di tangkap secara terputus-putus oleh sensor inframerah yang ada di dalam mouse. pulsa nyala-putus LED yang dipantau oleh sensor inframerah tersebut yang menandakan kecepatan geser mouse dan jarak penggeseran mouse.
* terdapat sebuah keping chip prosesor yang dapat mengubah pulsa LED menjadi data biner yang di kenali oleh komputer. mouse jenis ini memerlukan perawatan yang teratur karena debu yang mesuk kedalam dapat menggangu gerak bola mouse.
2. Mouse Optik

mouse optik tidak latgi menggunakan bola sebagai komponen utama mouse. pada mouse optik bola sudah digantikan dengan sebuah LED merah seperti terlihat pada gambar diatas. cahaya LED merah yang terpancar ari mouse akan di pancararkan ke alas mouse yang kemudian cahanya dipantulkan ke dalam mouse dan kemidian  di proses di dalam.
 

 cara kerja mouse optik :
 cahaya LED akan di pantulkan oleh permukaan meja ke sensor CMOS (coplementari metal-oxide semiconductor). sensor ini akan mengirim gambaran permukaan ke digital signal prosesor(DSP). DSP akan menganalisis gambar tadi dan menentukanjarak pergeseran mouse yang kemudia di kirim ke komputer. berdasarkan data tersebut komputer akan menggeser posisi kursor mouse pada layar.dahulu mouse optik hanya bisa dijalankan menggunakan mouse pad khusus yang memiliki pola garis kotak dari bahan yang dapat mementulkan cahaya lebih kuat.pola garis kotak tersebut akan memutus pantulan cahaya LED. berdasarkan pola nyalah-putus tersebut komputer akan mengetahua arah pergerakan mouse.  seiring dengan perkembangan mouse optik sekarang mouse optik bisa di jalankan menggunakan alas apapun.

dari kedua jenis mouse tersebut mouse optiklah yang digunakan sekarang ini. kenapa mouse optik lebih disukai oleh komsumentnya. karena mouse optik memiliki banyak keunggulan di banding mouse optomekanik. keunggulan mouse optik yaitu :
*  pada mouse optik tidak ada bagian yang berputar karena penggunaan cahaya LED. sehingga sehingga tidak ada kegagalan putar pada mouse optik.
* resolusi pelacak cahaya lebih halus sehingga gerakan kursor mouse pada layar juga halus.
*  tidak memungkinkan debu masuk ke dalam mouse karena mouse tertutup penuh.

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: